Minggu, 15 Februari 2009

POLIGAMANIA

Ada banyak alasan mengapa seorang suami memutuskan untuk berpoligami. Apapun alasan-alasan itu, tampaknya teman saya yang satu ini lebih jujur. "Aku kawin lagi karna memang aku pengen," akunya.

Teman saya itu sudah mempuyai tiga istri. Maklum, secara ekonomis, tujuh istri pun ia sanggup menghidupi. Suatu saat saya bertemu dengan dia di sebuah supermarket. Saya melihat dia mengantar seorang perempuan masih sangat muda memilih-milih pakaian. "Siapa lagi perempuan itu...?" Pertanyaan itu menggelitik rasa ingin tahu saya. Saya kenal kedelapan anaknya dan ketiga istrinya, tetapi perempuan itu belum pernah saya lihat. Pada momen yang tepat, tanpa sepengetahuan perempuan itu, saya mencoba mencari tahu.

"Eh, siapa perempuan itu....?" tanyaku padanya.

"Istri baruku..." jawabnya ringan.

"Hah... kamu kawin lagi...?"

"Iya.." tampaknya ia tahu ketidakmampuan otak saya untuk memahaminya, "Aku kawin lagi karena ketiga istriku mulai tidak akur..." ia menjelaskan.

"Lah... tiga saja tidak bisa akur, masak mau ditambah satu lagi...?"

"Harus akur...." katanya, "kalau tidak bisa akur... ya ditambah lagi..."

"Kalau keempatnya ternyata akur tapi kamu masih pengen kawin lagi...?"

"Ya aku provokasi biar mereka berantem.... terus aku ada alasan untuk kawin lagi..."

0 comments: